Apakah Onde-Onde ada di Negara Selain Indonesia?

 Apakah Onde-Onde ada di Negara Selain Indonesia?
Ilustrasi/romadekade.org
Onde-onde adalah jajanan tradisional Indonesia yang populer, karena enak dan sepertinya bisa ditemukan di mana pun. Bentuknya unik, bulat mirip bola, dengan taburan wijen di bagian luar dan pasta kacang hijau di bagian dalam. Apakah Onde-onde ada di negara-negara selain Indonesia?

Onde-onde ada di beberapa negara selain Indonesia, meski dengan nama berbeda.

Makanan ini berasal dari Cina, dan bahkan di Cina pun nama atau penyebutannya berbeda. Di daerah Cina utara disebut jin deui, di kawasan timur laut Cina disebut ma yuan, dan di Hainan disebut zhen dai (zhimaqiu).

Di Hong Kong, onde-onde dapat ditemui di hampir semua toko kue, dan nama atau penyebutannya merujuk pada nama-nama yang digunakan di kawasan Cina.

Onde-onde juga ada di Malaysia, dan disebut kuih bom. Berbeda dengan di Indonesia yang biasa menggunakan kacang hijau sebagai isi, onde-onde di Malaysia biasa diisi parutan kelapa dicampur gula atau kacang, namun ada juga yang diisi pasta kacang merah.

Di Vietnam, onde-onde dikenal dengan nama bánh cam di daerah Vietnam selatan, dan bánh rán di daerah Vietnam utara. Bánh rán berisi pasta kacang hijau dengan rasa manis, dan diberi pengharum bunga melati. Kadang pula diisi daging cincang, bihun dan ubi, jamur, dan berbagai bahan makanan khas Vietnam lainnya. Makanan ini biasa dihidangkan bersama sayuran dan saus celup.

Semenatara di Filipina, onde-onde disebut butsi.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 1194959916945135528

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item