Kapan Komputer Mulai Diperkenalkan Pada Masyarakat Luas?

 Kapan Komputer Mulai Diperkenalkan Pada Masyarakat Luas?
Ilustrasi/netsains.net
Komputer membutuhkan perjalanan panjang untuk bisa sampai menjadi benda yang relatif kecil, sekaligus mudah digunakan. Pada generasi awal (di dunia komputer disebut generasi pertama), wujud komputer masih sangat kompleks, berukuran sangat besar, dan penggunaannya juga masih sangat rumit. Dengan semua kondisi itu, komputer jelas bukan barang praktis.

Sampai kemudian, pada 1960-an, mulai muncul komputer generasi kedua yang lebih praktis, karena mudah digunakan, dan sejak itu pula komputer mulai digunakan di bidang bisnis, universitas, dan pemerintahan. Komputer-komputer generasi ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor.

Pada masa itu pula, komputer mulai dilengkapi memori (RAM), program dan sistem operasi, juga printer, sampai media penyimpanan dalam bentuk disket. Komputer yang disebut 1401 adalah salah satu contoh penting komputer di masa itu, yang diterima secara luas di kalangan industri.

Lima tahun kemudian sejak itu, hampir seluruh perusahaan besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas pada pemakaiannya. Fleksibilitas itu meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen, dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.

Beberapa bahasa pemrograman juga mulai bermunculan pada masa itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.

Hal itu memudahkan orang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru pun bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer). Industri peranti lunak juga mulai bermunculan, dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 2986708909123593354

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item