Apa itu Prostat, dan Apa Fungsinya Bagi Pria?

Apa itu Prostat, dan Apa Fungsinya Bagi Pria?
Ilustrasi/istimewa
Prostat adalah bagian penting dalam tubuh pria, namun banyak pria yang tidak tahu apa itu prostat, bahkan kadang tidak tahu kalau mereka memilikinya. Sementara mereka yang tahu dan sadar memiliki prostat, kadang tidak tahu apa fungsinya.

Berdasarkan penelitian European Association of Urology and Boston Scientific, dari empat pria berusia di atas 50-an, hanya satu yang tahu fungsi prostat. Padahal, prostat adalah bagian penting dari kesehatan pria, terutama ketika beranjak tua. Kalau kita pernah mendengar istilah “kanker prostat”—itu salah satu hal yang bisa terjadi pada prostat, meski kita berharap tidak mengalaminya.

Jadi, apa itu prostat, dan apa fungsinya?

Meminjam penjelasan Prostate Cancer Foundation, prostat adalah kelenjar kecil, yang terletak di antara pangkal penis dan dubur. Kelenjar ini bertugas memasok cairan mani yang bercampur sperma, membantu mereka hidup, dan melakukan perjalanan dari testis, untuk kemudian mendorong keluar air mani ketika ejakulasi.

Saat usia masih muda, kaum pria mungkin tidak terlalu peduli pada urusan prostat, meski menikmati hasil kerjanya. Tetapi, ketika usia makin menua, berbagai kondisi bisa mempengaruhi prostat, termasuk pembesaran dan kanker.

Seiring bertambahnya usia pria, prostat perlahan-lahan tumbuh, dan pembesaran yang tidak normal dapat menyebabkan masalah medis. Meski penyebabnya belum diketahui, para dokter percaya hal itu mungkin terkait dengan perubahan hormonal yang datang seiring bertambahnya usia.

Pria yang memasuki usia 50-60 tahun kadang mengalami dorongan tiba-tiba untuk buang air kecil, merasa tegang yang tidak nyaman atau sensasi sakit saat buang air kecil—itu sedikit tanda dari adanya masalah prostat. Bahkan, menurut peneliti, gejala ringan juga dapat mengganggu kualitas hidup seseorang, dan telah dikaitkan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung.

Penelitian telah membuktikan, kaum wanita lebih peduli dengan kesehatannya, dibanding kaum pria. Untuk itu, kaum pria bisa memulai dari sekarang, untuk lebih peduli pada kesehatan diri, dan tidak ada salahnya untuk mengenali prostat di tubuhnya, sebelum usia benar-benar tua.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 8265769545326818477

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item