Kota-Kota Mana yang Paling Banyak Dihuni Miliarder Dunia?

Kota-Kota Mana yang Paling Banyak Dihuni Miliarder Dunia?
Ilustrasi/cntraveler.com
Ternyata, Jakarta menjadi salah satu kota di dunia yang dihuni banyak miliarder atau orang-orang superkaya. Meski begitu, peringkat Jakarta dalam hal ini baru mencapai posisi 18, belum masuk dalam daftar 10 besar. Kenyataan itu diungkap Hurun, lembaga riset kekayaan global asal Cina, yang melakukan suvei kota-kota mana saja di dunia yang paling banyak dihuni para miliarder.

Jumlah miliarder yang tinggal di Jakarta bisa dibilang meningkat dari tahun ke tahun. Maklum, karena sebagian besar miliarder di kawasan Asia Tenggara berasal dari Singapura dan Indoenesia. Secara nasional, tidak semua miliarder yang tinggal di Jakarta merupakan pribumi yang asli keturunan Indonesia. Berdasarkan penelusuran Hurun, terdapat beberapa miliarder Indonesia yang merupakan keturunan Cina.

Di luar Jakarta, berikut ini sepuluh kota teratas yang dianggap paling banyak dihuni para miliarder di dunia.

New York

New York sudah lama terkenal sebagai kota industri yang super sibuk. Bisa dibilang, kota ini tak pernah tidur. Dari detik ke detik terus terjadi aktivitas, sehingga New York seperti tidak pernah kenal istirahat. Di kota inilah banyak miliarder dunia yang tinggal, menjalani gaya hidup mahal yang memang menjadi standar New York.

Beberapa miliarder terkenal yang tinggal di New York di antaranya Michael Bloomberg, Ralph Lauren, Carl Icahn, Rupert Murdoch, Donald Trump, dan Mortimer Zuckerman.

Moskow, Rusia

Dari tahun ke tahun, jumlah miliarder di Moskow terus meningkat, meski tidak pesat. Kekayaan para miliarder itu terbangun berkat bisnis di sektor minyak dan logam. Jika dibandingkan kota besar lain yang juga dihuni banyak miliarder semisal New York, biaya hidup di Moskow relatif lebih rendah.

Beberapa miliarder yang tinggal di Moskow di antaranya Vladimir Lisin, Roman Abramovich, Alisher Usmanov, dan Oleg Deripaska.

London, Inggris

Jumlah miliarder di London terus meningkat berkat dukungan nilai tukar poundsterling yang kuat dan stabil. Kondisi itu juga menjadikan London sebagai kota yang memiliki biaya hidup sangat tinggi dibandingkan negara Eropa lainnya.

Beberapa miliarder terkenal yang tinggal di London di antaranya Lakshmi Mittal, Richard Branson, Leonard Blavatnik, dan Alan Howard.

Istambul, Turki

Istambul adalah kota yang indah, sehingga menjadi daya tarik para wisatawan asing. Namun, bisnis kota itu tidak hanya digerakkan sektor wisata. Banyak konglomerat di sana yang juga membangun bisnis di bidang teknologi seluler dan perbankan. Istambul termasuk kota dengan biaya hidup sangat tinggi. Tarif pembantu rumah tangga di sana bisa mencapai US$ 50 per hari.

Beberapa miliarder terkenal yang tinggal di Istambul di antaranya Husnu Ozyegin, Mehmet Emin Karamehmet, Sarik Tara, dan Ferit Sahenk.

Los Angeles, California

Yang paling terkenal dari Los Angeles tentu industri perfilmannya, yang bermarkas di Hollywood. Karenanya tidak heran banyak artis terkenal yang tinggal di sana, termasuk sutradara legendaris Steven Spielberg. Namun, sebenarnya, Los Angeles tidak hanya memproduksi film. Mereka juga bergerak di bidang pariwisata dan otomotif.

Selain Steven Spielberg, beberapa miliarder terkenal yang tinggal di Los Angeles di antaranya Sumner Redstone, Michael Milken, dan Ron Burkle.

Hong Kong

Tidak mengejutkan kalau Hong Kong dihuni banyak miliarder atau orang-orang superkaya, karena tempat itu memang menjadi kota bisnis dunia.

Karenanya pula, kota yang merupakan bekas koloni Inggris itu menampung jumlah miliarder paling banyak dibandingkan kota-kota besar lain di Asia. Miliarder terkaya di kota itu menguasai ladang bisnis di sektor telekomunikasi.

Beberapa miliarder terkenal yang tinggal di Hong Kong di antaranya Li Ka-shing, Lee Shau Kee, Robert Kuok, dan Cheng Yu-tung.

Mumbai, India

Jika Los Angeles di Amerika memiliki Hollywood, maka Mumbai di India memiliki Bollywood, yang menjadi pusat industri perfilman India. Mumbai, yang juga dikenal dengan nama Bombay, adalah pusat bisnis dan kebudayaan India. Sebagai pusat bisnis, banyak kantor berbagai perusahaan besar India bermarkas di sana.

Beberapa miliarder terkenal yang tinggal di Mumbai di antaranya Mukesh Ambani, Anil Ambani, Shashi dan Ravi Ruia, Kumar Birla, juga Pallonji Mistry.

Dallas, Texas

Dallas memiliki sejumlah ladang minyak dengan sumur-sumur pengeboran yang dangkal. Sumber kekayaan itulah yang menunjang sejumlah orang untuk menjadi miliarder. Karenanya, beberapa orang superkaya yang tinggal di sana bergerak di bidang bisnis perminyakan, meski ada pula yang bergerak di bidang bisnis teknologi dan kuliner.

Beberapa miliarder terkenal yang tinggal di Dallas di antaranya Andrew Beal, Henry Ross Perot Sr., Jerral Jones, T. Boone Pickens, dan Mark Cuban.

San Fransisco, California

San Fransisco menjelma menjadi kota miliarder seiring dengan berkembangnya teknologi internet. Larry Page, miliarder yang juga menjadi salah satu pendiri Google, tinggal di sana. Begitu pula pendiri Paypal dan para petinggi di Facebook, juga menjadikan San Fransisco sebagai tempat tinggal.

Selain Larry Page, beberapa miliarder terkenal yang tinggal di San Fransisco di antaranya George Roberts, Ray Dolby, dan Gordon Getty.

Tokyo, Jepang

Pada tahun 1987, Tokyo menjadi hunian orang paling kaya di dunia yang bergerak di bisnis perumahan, Yoshiaki Tsutsumi. Pada waktu itu, Tokyo juga menjadi kota yang paling banyak dihuni para miliarder—karena jumlah miliarder dunia waktu itu masih sedikit.

Pada 2002, posisi Tokyo turun menjadi peringkat ketiga dalam daftar kota yang paling banyak dihuni orang superkaya. Dari tahun ke tahun, posisi itu terus saja turun, hingga akhirnya Tokyo menempati peringkat kesepuluh. Mayoritas miliarder di kota ini bergerak di bidang teknologi.

Beberapa miliarder terkenal yang tinggal di Tokyo di antaranya Tadashi Yanai, Nobutada Saji, Akira Mori, Masayoshi Son, dan Hiroshi Mikitani.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 797350227931538758

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item