Siapa Penemu Kursi Listrik untuk Hukuman Mati?

Siapa Penemu Kursi Listrik untuk Hukuman Mati?

Di antara metode hukuman mati, penggunaan kursi listrik adalah salah satunya. Di Amerika, kursi listrik lazim digunakan untuk mengakhiri hidup seseorang yang telah divonis hukuman mati. Siapa penemu metode hukuman itu?

Penemu kursi listrik adalah Dr. Albert P. Southwick, seorang dokter gigi yang juga insinyur di New York. Pada 1881, Albert Southwick tanpa sengaja melihat seorang pemabuk yang mati karena kesetrum listrik dari sebuah generator yang menyala. Ia begitu takjub menyaksikan bagaimana pria tua itu mati begitu cepat, dan terlihat tanpa penderitaan sama sekali.

Hal itu memberi ide pada Albert Southwick bahwa penggunaan listrik bisa dipertimbangkan untuk menghukum mati terpidana. Menurutnya, cara itu lebih manusiawi, karena dapat mematikan lebih cepat, sekaligus tidak menimbulkan penderitaan bagi si terhukum.

Ide itu ditindaklanjuti oleh Albert Southwick, dengan mengkampanyekan penggunaan listrik sebagai sarana hukuman mati, dan dia merancang kursi yang tepat untuk tujuan tersebut.

Ide serta kampanye Albert Southwick didukung oleh pemerintah New York waktu itu, hingga akhirnya hukum di sana memperbolehkan penggunaan listrik sebagai hukuman mati. Aturan itu berlaku efektif mulai 1 Januari 1889.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 2616005485910043937

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item