Apa Mesin Tik Pertama yang Dijual di Dunia, dan Kapan?

Apa Mesin Tik Pertama yang Dijual di Dunia, dan Kapan?
Ilustrasi/klikbekasi.co
Mesin tik pertama yang dijual di dunia adalah mesin tik produksi Remington & Sons, pada tahun 1874, dengan merek Remington No 1. Sebenarnya, mesin tik sudah dibuat dan diperkenalkan ke dunia sebelum waktu tersebut, namun penggunaan mesin tik belum terlalu dikenal.

Pada masa itu, orang-orang masih terbiasa menulis menggunakan tangan, dengan bantuan polpen atau pensil. Ketika penggunaan mesin tik diperkenalkan pada 1870-an, gagasan “menulis mekanis” terasa aneh bagi kebanyakan orang, khususnya para pekerja kantoran yang tiap hari harus menulis.

Karenanya, saat Remington & Sons menjual mesin tik pertama mereka, orang-orang mengabaikan. Empat tahun sejak Remington No 1 dirilis, perusahaan Remington & Sons kembali memproduksi mesin tik dengan desain baru, kali ini diberi nama Remington No 2.

Perbedaan penting antara Remington No 1 dan Remington No 2 adalah kemampuan mesin tik menghasilkan huruf kecil. Pada Remington No 1, mesin tik hanya bisa menghasilkan huruf besar atau kapital.

Remington No 2 memiliki pengaturan tombol seperti yang kita gunakan sekarang, bersama dengan kemampuan mengetik huruf kapital maupun huruf kecil, dengan menggunakan tombol Shift. Disebut tombol Shift, karena fungsinya untuk menggeser (shift) posisi antara huruf kecil atau kapital, yang berada di typebar yang sama.

Lambat laun, popularitas mesin tik terus meningkat, dan orang-orang akhirnya familier dengan mesin tik, serta terbiasa menggunakannya. Sejak itu pula, mulai muncul pelatihan-pelatihan mengetik menggunakan mesin tik, dan profesi juru tulis mulai disebut juru ketik.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Related

Peristiwa 5730888207611387808

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item