Dari Mana Asal Usul Istilah Pasien 0 (Patient Zero)?

Dari Mana Asal Usul Istilah Pasien 0? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/detik
Pasien 0 (Pasien Nol atau Patient Zero) adalah istilah yang digunakan untuk menyebut orang pertama yang terkena penyakit tertentu, yang belakangan menimpa banyak orang atau menimbulkan wabah.

Contoh terkenal Pasien Nol adalah Mary Mallon, yang menyebabkan wabah demam tifus di New York pada 1906, hingga disebut Typhoid Mary. Dia dianggap sebagai orang pertama—Pasien Nol—yang membawa wabah tersebut ke Amerika, terkait wabah tifus saat itu.

Mary Mallon berasal dari Irlandia, dan beremigrasi ke Amerika. Di New York, dia bekerja sebagai juru masak di keluarga-keluarga kaya. Sejak itu, serangkaian kasus tifus terjadi di antara keluarga-keluarga kaya di New York. Ketika para dokter melacak asal usul wabah tersebut, semuanya mengarah kepada Mary Mallon. Di mana pun dia berada, anggota rumah tangga tempatnya bekerja akan terserang demam tifoid.

Belakangan terungkap bahwa Mary Mallon adalah “pembawa” yang sehat—seseorang yang terinfeksi suaty penyakit, namun tidak menunjukkan gejala penyakit tersebut, dan, di saat bersamaan, menginfeksi banyak orang. Dia salah satu contoh terkenal yang disebut Patient Zero atau Pasien Nol—istilah yang kemudian digunakan setiap kali terjadi wabah penyakit di dunia.

Lalu dari mana asal usul istilah tersebut?

Ternyata, asal usul istilah yang terdengar keren itu justru agak konyol. Kisahnya dimulai ketika terjadi epidemi HIV pada awal 1980-an.

Pada waktu itu, para peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) sedang menyelidiki penyebaran penyakit AIDS di Los Angeles dan San Francisco. Dalam komunikasi tertulis di antara para peneliti, mereka menggunakan huruf O untuk merujuk kasus seseorang yang berasal “dari luar (outside) negara bagian California”.

Ketika ada peneliti lain ikut bergabung, dia keliru menafsirkan huruf O sebagai angka 0. Alih-alih menyebut Pasien O, dia membacanya sebagai Pasien 0 (Patient Zero). Sejak itu, istilah Pasien Nol terus digunakan sampai sekarang.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 3110037244616569363

Posting Komentar

  1. aku pikir 0 bermula dari index 0 dalam dunia programming :D

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item