Kota-Kota dengan Sistem Kereta Api Terbaik di Dunia

Kota-Kota dengan Sistem Kereta Api Terbaik di Dunia, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Seoul, Korea Selatan/medium.com
Kereta api adalah angkutan transportasi umum terbaik di darat. Berbeda dengan bus, mobil pribadi, atau taksi, kereta api memiliki kemampuan mengangkut penumpang jauh lebih banyak, memiliki jalur khusus yang tidak digunakan kendaraan lain, dan bisa dibilang tidak berhenti selain di tempat-tempat tujuan. Karenanya, kereta api terbebas dari masalah di jalan raya semacam kemacetan.

Karena faktor kelebihan tersebut, banyak negara yang sengaja merancang sistem kereta api mereka nyaman digunakan, sehingga orang-orang lebih memilih naik kereta api.

Kenyamanan yang diberikan untuk penumpang kereta api bisa melalui suasana stasiun yang teratur sekaligus nyaman, sampai fasilitas wifi gratis sehingga penumpang bisa betah selama berada di kereta. Berikut ini kota-kota yang terkenal memiliki sistem kereta api terbaik di dunia.

Seoul, Korea Selatan

Seoul adalah kota dengan sistem transportasi berbasis rel terbaik di dunia. Kereta api di Seoul mengangkut 7 juta penumpang setiap hari, dan mereka menyediakan banyak sarana yang membuat penumpang terus nyaman menggunakan angkutan umum tersebut. Sistem kereta api di Seoul dilengkapi fasilitas lengkap, meliputi wifi, televisi, sampai pengatur suhu otomatis.

Saat cuaca di Seoul sedang panas, suhu di kereta api akan menjadi dingin, sehingga penumpang tidak sampai kepanasan. Sebaliknya, ketika cuaca sedang dingin, suhu di kereta api akan menghangat, sehingga penumpang terus merasa nyaman.

Hong Kong

Hong Kong memiliki sistem kereta api yang dipuji warga lokal maupun wisatawan. Stasiun-stasiun kereta di Hong Kong terkenal sangat bersih, dan memiliki petunjuk arah/tujuan yang jelas, sehingga calon penumpang tidak bingung.

Pelat petunjuk di stasiun Hong Kong juga tersedia dalam bentuk huruf Braille, sehingga memudahkan perjalanan para penyandang tunanetra. Selain itu, kereta api di Hong Kong juga relatif murah, efisien, dan selalu tersedia setiap beberapa menit sekali.

Taipei, Taiwan

Tidak jauh beda dengan Hong Kong, sistem kereta api di Taipei juga sangat bagus. Stasiunnya bersih, kereta apinya bersih, sehingga penumpang selalu nyaman.

Kereta api di Taipei mengangkut jutaan penumpang setiap hari, tapi sangat jarang terlihat antrean panjang di stasiun, karena kereta api di sana sangat teratur sesuai jadwal. Selain itu, kereta api di Taipei juga dilengkapi pengatur suhu otomatis.

Tokyo, Jepang

Rel kereta api di Tokyo terkenal sangat rumit, tapi sistem kereta api di sana terjaga sangat baik, tidak pernah terlambat, sehingga penumpang nyaris tidak pernah mengeluh. Bahkan jika sewaktu-waktu terlambat lima menit saja, kepala stasiun di Tokyo akan meminta maaf pada para penumpang, melalui pengeras suara.

Sampai hari ini, bisa dibilang kereta api di Tokyo sangat jarang mengalami masalah, semisal keterlambatan. Mereka benar-benar menjaga sistem transportasi umum itu selalu dalam kondisi baik, terjaga, tepat waktu, dan nyaman.

Singapura

Singapura memang terkenal dengan keteraturannya, termasuk dalam hal angkutan kereta api. Sistem transportasi di Singapura bahkan disebut-sebut sebagai yang terbaik di dunia, karena kota ini menyediakan angkutan MRT, LRT, juga monorel, yang memungkinkan siapa pun berkeliling kota, tanpa harus menggunakan sarana transportasi lain.

Sistem kereta api di Singapura juga sangat baik dan teratur, memiliki jangkauan yang luas, aman, tepat waktu, dan nyaman. Setiap kereta api di sana dilengkapi AC yang membuat penumpang bahkan bisa tertidur seperti layaknya dalam kamar yang sejuk.

London, Inggris

Sistem transportasi menggunakan kereta api di London telah dimulai sejak dua abad yang lalu, meliputi kereta api terowongan bawah tanah. Karenanya, London benar-benar tahu cara membangun sistem kereta api yang baik, efektif, aman, sekaligus nyaman.

Karena efektivitas dan kenyamanan yang ditawarkan kereta api di sana, sampai-sampai warga London lebih suka memanfaatkan kereta api daripada membawa kendaraan pribadi. Bukan hanya warga biasa, bahkan warga kaya di sana—termasuk pejabat pemerintahan—juga lebih senang menggunakan kereta api untuk transportasi.

New York, Amerika Serikat

Tidak jauh beda dengan London, Newy York juga menyediakan sistem transportasi kereta bawah tanah atau subway, yang kini menjadi sarana transportasi populer di sana. Kereta api di New York tersedia 24 jam sehari, dan bisa digunakan untuk menuju ke mana pun di waktu kapan pun.

Karena fasilitas kereta api yang disediakan di New York sangat bagus, warga New York pun senang menggunakan kereta api sebagai alat transportasi, dan hal itu menjadikan stasiun-stasiun di sana sering ramai.

Keramaian itu dimanfaatkan seniman-seniman lokal yang biasa menggelar pertunjukan semisal menyanyi, bermain musik, atau melakukan berbagai atraksi menarik, yang memberi hiburan tersendiri bagi oang-orang di stasiun.

Moskow, Rusia

Yang menjadikan Moskow terkenal dalam bidang transportasi kereta api, karena kota ini mendesain rel kereta dengan sangat bagus, melewati tempat-tempat indah, sehingga menumpang kereta api di Moskow tak jauh beda dengan menikmati perjalanan yang menakjubkan.

Stasiun kereta api di Moskow juga didesain dengan sangat artistik, dilengkapi kebersihan dan kerapian yang selalu terjaga. Sepanjang perjalanan, penumpang bisa duduk nyaman dalam kereta, sementara di kanan kiri terdapat pemandangan-pemandangan menakjubkan berupa gedung-gedung klasik dan hamparan padang rumput yang menawan.

Montreal, Kanada

Montreal di Kanada membangun sistem transportasi kereta api dengan keseriusan tingkat tinggi. Kereta api di Montreal mampu menghubungkan pusat kota dengan kawasan Montreal bagian timur dan utara.

Sebegitu baik mereka menjalankan sistem transportasi ini, hingga pada 2010 tercatat telah mengangkut lebih dari 7 miliar penumpang per tahun, tanpa ada masalah atau keluhan apa pun!

Madrid, Spanyol

Layanan kereta api di Madrid memiliki jangkauan sepanjang 294 kilometer, yang merupakan jangkauan tepanjang ke-6 di dunia. Ditambah jalur-jalur kereta api di kota-kota sekitar, total panjang lintasan kereta api di kota ini bahkan mencapai 386 kilometer.

Setiap tahun, kereta api di Madrid mengangkut lebih dari 1,5 miliar penumpang. Padahal, penduduk Madrid hanya sekitar 6,5 juta orang. Artinya, orang-orang di sana lebih suka menggunakan layanan kereta api yang disediakan, daripada menggunakan sarana transportasi lainnya. Tentu karena Madrid menyediakan sistem transportasi kereta api yang sangat baik.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 6234168603575444520

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item