Bagaimana Membedakan Cermin Dua Arah dengan Cermin Biasa?

Bagaimana Membedakan Cermin Dua Arah dengan Cermin Biasa? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/bravotv.com
Kadang-kadang, cermin dua arah disalahgunakan untuk tujuan tertentu, semisal dipasang di toilet wanita, di ruang ganti, atau semacamnya. Kasus semacam itu pernah mengemuka beberapa tahun lalu, ketika muncul rekaman beberapa artis yang sedang menggunakan toilet tanpa menyadari cermin di depannya adalah cermin dua arah. 

Bagaimana cara membedakan cermin biasa dan cermin dua arah, agar tidak menjadi korban “kenakalan” seperti di atas?

Jika kita berada di suatu ruangan, dan curiga cermin di hadapan kita adalah cermin dua arah, cara yang mudah adalah dengan mematikan lampu di ruangan kita. Jika ruangan tempat kita berdiri dan ruangan yang ada di baliknya sama-sama gelap—atau memiliki intensitas cahaya yang sama—maka cermin itu pun akan berubah seperti jendela, dan kita juga akan bisa melihat ke ruangan di baliknya.

Baca lebih lanjut soal ini: Bagaimana Cara Kerja Cermin Dua Arah?

Namun, jika kebetulan di ruangan itu tidak terdapat saklar listrik, sehingga kita tidak bisa memadamkan lampu, kita dapat menguji cermin itu dengan menempelkan ujung jari atau ujung kuku ke permukaan cermin. Kemudian lihat apakah ujung jari kita bersentuhan langsung dengan bayangan di cermin atau tidak.

Jika terdapat jarak antara ujung jari atau ujung kuku dengan bayangan di cermin, dapat dipastikan itu cermin biasa. Pada cermin biasa, lapisan alumunium sebagai pemantul bayangan dipasang pada belakang kepingan kaca, sehingga akan memunculkan jarak setebal kepingan kaca tersebut.

Namun, jika ujung jari atau ujung kuku kita menempel langsung dengan bayangan yang ada di cermin, dapat dipastikan itu cermin dua arah.

Pada cermin dua arah, lapisan alumunium sebagai pemantul bayangan dipasang di bagian belakang maupun di depan kepingan kaca, sehingga bayangan pantulan ujung jari kita pun terpantul pada lapisan yang ada di bagian depan kepingan kaca, sehingga tidak memunculkan jarak antara ujung jari kita dengan bayangan yang ada di cermin.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tips 6043922761863852009

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item