Tangan Buddha itu Buah apa?

Tangan Buddha itu Buah apa? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/grid.id
Tangan Buddha (Citrus medica var sarcodactylis) adalah buah yang termasuk keluarga jeruk-jerukan, dan memiliki bentuk seperti tangan dengan jari jemari. Masing-masing buah bisa memiliki “jari” sebanyak 5 sampai 25 jari.

Sebenarnya, jari pada buah ini berasal dari tonjolan-tonjolan kulit, yang lalu memanjang hingga membentuk seperti jari.

Buah ini mungkin tidak begitu terkenal di Indonesia, tetapi di beberapa daerah cukup dikenal. Di Aceh, misalnya, buah ini disebut kuku macan, sedangkan orang umumnya menyebut buah ini dengan nama “jeruk jari Buddha”. Di toko penjualan ramuan obat tradisional Cina, buah ini disebut Hiong-i, yang diterjemahkan sebagai jeruk jari Buddha.

Di pasaran, buah ini disebut fingered citron, dan biasanya ditujukan untuk keperluan pengobatan herbal. Kenyataannya, meski disebut buah, tangan Buddha memiliki daging buah yang sangat sedikit, nyaris tidak bisa dimakan, tidak memiliki biji, dan tidak memiliki kandungan air. Seluruh buah ini bisa dibilang hanya hanya berupa kulit.

Buah ini memiliki kulit tebal, dengan aroma getir, karena mengandung minyak atsiri. Kulit buah tersebut bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal, semisal menjadi ramuan obat, dibuat manisan, pengharum ruangan, sampai untuk hiasan kue.

Sedangkan daging buahnya sering digunakan sebagai campuran salad atau untuk melumuri ikan agar tidak amis.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Nature 7221052253645736203

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item