Kota-Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia

Kota-Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Caracas, Venezuela/GettyImages
Ada kota-kota dengan biaya hidup termahal, ada pula kota-kota dengan biaya hidup termurah. Economic Intelligence Unit (EIU) melakukan analisis terhadap kota-kota di seluruh dunia, meliputi biaya makanan, bahan bakar kendaraan, dan lain-lain terkait kebutuhan sehari-hari, untuk menentukan kota-kota mana saja yang memiliki biaya hidup paling rendah atau yang paling murah.

Definisi “biaya hidup rendah” yang dimaksud di sini bisa karena harga-harga kebutuhan sehari-hari memang murah, atau bisa pula karena tingkat penghasilan rata-rata penduduknya jauh lebih tinggi dibanding harga-harga kebutuhan sehari-hari.

Karenanya, meski harga-harga di suatu tempat relatif tinggi, namun tetap dianggap sebagai kota berbiaya hidup murah, jika rata-rata penghasilan penduduknya jauh lebih tinggi.

Berikut ini adalah kota-kota dunia yang menempati daftar sepuluh teratas, sebagai kota-kota dengan biaya hidup termurah di dunia.

Caracas, Venezuela

Biaya hidup di Caracas relatif murah, meliputi makanan, bahan bakar kendaraan, serta beberapa kebutuhan lain. Namun di sana juga relatif sulit memperoleh uang, serta kondisi kota juga menyedihkan.

Damaskus, Suriah

Damaskus adala kota sisa perang akibat ketidakstabilan geopolitik. Saat ini, biaya hidup di Damaskus relatif murah. Meski begitu, kondisi kota ini sangat menyedihkan sekaligus parah.

New Delhi, India

New Delhi terkenal sebagai salah satu kota besar sekaligus kota mahal. Tetapi, New Delhi juga masuk dalam daftar kota dengan biaya hidup murah, karena harga-harga makanan dan kebutuhan di sana masih jauh di bawah nilai rata-rata penghasilan penduduknya.

Karachi, Pakistan

Kebutuhan makanan, transportasi, hingga hiburan di Karachi relatif murah. Harga perumahan di sana juga tergolong murah. Karena itu, Karachi terkenal sebagai kota dengan biaya hidup paling murah. Yang menjadi masalah, kota ini memiliki tingkat kejahatan sangat tinggi.

Chennai, India

Chennai adalah salah satu area metropolitan di India, namun sekitar 30 persen penduduk di sana tinggal di daerah kumuh. Yang jelas, biaya hidup di kota ini relatif rendah, sehingga masuk dalam daftar kota dengan biaya hidup termurah.

Algiers, Aljazair

Algier adalah ibu kota Aljazair. Meski ibu kota, namun biaya hidup di sana sangat murah. Biaya makan, transportasi, sampai perumahan, semuanya relatif murah. Meski begitu, kebanyakan penduduk di sana tinggal di lingkungan kumuh.

Almaty, Kazakhstan

Almaty menawarkan biaya hidup rendah, dan aneka kebutuhan sehari-hari yang harganya juga murah, tapi tinggal di sana bisa tidak nyaman. Kota ini dikendalikan oleh pusat. Karenanya, jika sarana—semisal gas atau listrik—sewaktu-waktu mati atau mengalami masalah, penduduk kesulitan mengajukan komplain, dan biasanya menerima saja karena tak bisa apa-apa.

Mumbai, India

Mumbai adalah salah satu kota yang sangat padat di India, dengan rumah-rumah mewah yang menghiasi kota. Meski begitu, harga makanan, transportasi, serta perumahan di sana tergolong murah, atau jauh di bawah rata-rata gaji/penghasilan penduduknya.

Bangalore, India

Bangalore juga kota terkenal di India, serta memiliki kehidupan kosmopolitan. Sama seperti Mumbai, tingkat gaji atau penghasilan rata-rata penduduk di Bangalore jauh lebih tinggi atau lebih besar dibanding biaya hidup sehari-hari. Karenanya, Bangalore termasuk kota dengan biaya hidup sangat murah.

Lusaka, Zambia

Lusaka adalah kota terbesar di Zambia, sekaligus ibu kota negara tersebut. Kota ini menjadi pusat pemerintahan serta perdagangan. Bagi penduduk setempat, biaya hidup di sana sangat murah, karena penghasilan jauh di atas biaya kebutuhan sehari-hari.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 910169822280311422

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item