Mengapa Kita Dilarang Menyikat Gigi Setelah Minum Soda?

Mengapa Kita Dilarang Menyikat Gigi Setelah Minum Soda? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/winnetnews.com
Sebenarnya, kita dianjurkan untuk tidak segera menyikat gigi setelah makan atau minum apa pun. Kita butuh waktu jeda setelah makan atau meminum sesuatu, baru setelah itu menyikat gigi. Namun, anjuran itu sepertinya paling populer terkait minuman soda.

Kita memang dilarang langsung menyikat gigi setelah meminum minuman soda atau minuman lain yang mengandung kadar asam. Pasalnya, kombinasi asam dari minuman dan aksi abrasif dari menyikat gigi bisa merusak lapisan enamel gigi. Akibatnya bukan jadi baik, aktivitas menyikat gigi yang kita lakukan justru berakibat buruk pada kesehatan gigi.

Jika memang terpaksa harus segera menyikat gigi setelah minum minuman soda atau sejenisnya, ada baiknya untuk meminum air mineral terlebih dulu, atau mengunyah permen karet terlebih dulu, untuk menetralisir asam dengan ludah secara alami, dan baru setelah itu menyikat gigi.

Penderita maag juga bisa mengikuti langkah tersebut, karena penyakit maag akan menyebabkan mulut memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi, dibanding orang yang tak mengalaminya.

Saran lain jika ingin bisa langsung menyikat gigi setelah minum soda adalah dengan menggunakan sedotan. Meminum minuman soda menggunakan sedotan akan memungkinkan minuman langsung ke arah kerongkongan, sehingga mencegah kontak antara asam dengan gigi, dan menjaga kesehatan lapisan enamel pada gigi.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 4480192400219067410

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item