Kota-Kota dengan Nama Teraneh di Dunia

Kota-Kota dengan Nama Teraneh di Dunia, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Hell, Amerika Serikat/pixabay.com
Salah satu penemuan penting dalam peradaban manusia, tapi jarang disadari, adalah nama. Manusia butuh nama, untuk memudahkan identifikasi. Jalan butuh nama, untuk memudahkan pencarian. Kota butuh nama, untuk memudahkan penyebutan.

Segala hal butuh nama, untuk memudahkan penjelasan. Bayangkan jika peradaban manusia tidak mengenal nama, bagaimana kita menjelaskan segala sesuatu? Mungkin bisa, tapi jelas tidak mudah!

Sebagaimana manusia, kota-kota di berbagai belahan dunia juga memiliki nama masing-masing. Jika manusia rata-rata diberi nama oleh orangtuanya, nama kota bisa berasal dari banyak hal. Bisa karena kesepakatan penduduk yang tinggal di sana, bisa karena ide pemerintah setempat, atau lainnya. Yang jelas, kota-kota di mana pun umumnya memiliki nama.

Yang unik, ada kota-kota yang memiliki nama yang terkesan aneh, atau bahkan konyol. Ada berbagai latar belakang lahirnya nama bagi kota-kota tersebut, tapi yang jelas berikut ini kota-kota yang dikenal sebagai pemilik nama paling aneh di dunia.

Hell, Amerika Serikat

Hell adalah kota kecil yang ada di Michigan, Amerika Serikat. Kota ini telah berdiri sejak tahun 1841, dan sekarang menjadi kawasan wisata yang menarik minat banyak orang, karena namanya yang aneh. Dalam bahasa Indonesia, “Hell” memiliki arti “Neraka”.

Asal usul nama yang tidak lazim ini berasal dari kondisi kota tersebut. Di masa lalu, kota itu hanya berupa rawa-rawa dan terdapat banyak nyamuk yang ganas. Setiap kali orang kebetulan bermalam di sana, hampir bisa dipastikan akan menderita akibat gigitan nyamuk.

Dari situlah kemudian kota itu terkenal dengan nama “Hell”. Bahkan, saat kawasan itu kini berubah menjadi hunian yang jauh lebih baik, nama Hell tetap melekat.

Penistone, Inggris

Penistone adalah kota di Inggris, yang terletak di tepi selatan Sungai Don. Kota ini masuk wilayah metropolitan Borough of Barnslet, South Yorkshire, Inggris. Ada sekitar 20.000 penduduk yang mendiami kota ini, dan Penistone merupakan kota yang terkenal sebagai kota pasar. Di masa lalu, banyak pasar tradisional berdiri di kota ini, tempat orang-orang Inggris berdatangan untuk berbelanja banyak barang.

Kini, seiring perkembangan zaman, jumlah pasar tradisional di Penistone makin berkurang, apalagi setelah munculnya pusat perbelanjaan modern. Meski begitu, di Inggris, Penistone tetap terkenal sebagai kota pasar.

Hooker, Amerika Serikat

Banyak orang mengira Hooker adalah kawasan prostitusi, karena namanya yang aneh. Tapi tentu perkiraan itu keliru.

Hooker adalah kota kecil yang ada di negara bagian Texas, Oklahoma, Amerika Serikat. Kota ini dihuni oleh sekitar 2000-an penduduk. Sedangkan nama kota yang aneh diambil dari nama seorang mandor lokal yang dulu terkenal di sana, yaitu John “Hooker” Threlkeld. Karena kerap membuat salah sangka orang yang tidak tahu, kota ini memiliki motto, “Ini adalah lokasi, bukan panggilan!”

Middelfart, Denmark

Middelfart adalah kota di pusat Denmark, yang dihuni oleh sekitar 15.000 penduduk. Sebenarnya, nama asli Middelfart adalah “Mæthælfar”. Nama itulah yang tercatat di buku sensus Valdemar tahun 1231. Dalam bahasa Danish lama, “mæthal” berarti “tengah”, dan “far” berarti “jalan”. Tetapi, lama-lama, nama kota itu berubah menjadi Middelfart, hingga sekarang.

Intercourse, Amerika Serikat

Secara harfiah, “intercourse” memiliki arti “hubungan” atau “menghubungkan”. Tetapi, istilah itu kerap ditujukan untuk hal yang terkait dengan aktivitas seksual. Jika suatu kota diberi nama Intercourse, maka tentu maksudnya untuk menunjukkan fungsi kota, yaitu menghubungkan suatu wilayah dengan wilayah lain.

Hal itulah yang terjadi di Pennsylvania, Amerika Serikat. Di sana ada sebuah kota bernama Intercourse, yang terletak sekitar 16 kilometer sebelah timur Lancaster. Di masa lalu, nama kota itu terkesan baik-baik saja. Tetapi, sekarang, nama kota itu jadi terkesan aneh.

Dildo, Kanada

Dildo adalah kota di daerah Newfoundland, Kanada. Kota ini telah berdiri sejak tahun 1711, namun tidak diketahui bagaimana asal usul namanya. Yang jelas, gara-gara namanya pula, Kota Dildo menarik banyak wisatawan yang penasaran dengan kota tersebut, hingga berdatangan mengunjungi.

Pada akhir abad ke-20, sempat ada ide untuk mengganti nama kota dengan nama lain yang lebih baik, tapi kemudian dibatalkan. Mungkin karena nama itu sudah telanjur populer bagi wisatawan.

Accident, Amerika Serikat

Mungkin akan terdengar lucu kalau di Indonesia ada kota bernama “Kecelakaan”. Tapi hal itu benar-benar terjadi di Amerika. Di Garrett County, Maryland, AS, ada sebuah kota bernama Accident, yang—jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia—berarti “Kecelakaan”.

Tidak jelas asal usul nama kota ini. Yang jelas, saat ini Accident dihuni sekitar 500 penduduk, dan di sana ada sekolah terkenal bernama Northern Garrett High School.

Boring, Amerika Serikat

Jika kita mengira tempat tinggalkita membosankan,kita perlu tahu bahwa ada kota yang benar-benar bernama “Membosankan”.

Di Amerika Serikat, tepatnya di Clackamas County, Oregon, ada kota bernama Boring. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, artinya “Membosankan”. Nama kota itu diambil dari nama seorang pemukim awal daerah tersebut, yaitu W.H. Boring. Pada tahun 1903, wilayah itu dikenal dengan nama Boring Junction, terkenal sebagai kota industri kayu hingga abad ke-20.

Embarrass, Amerika Serikat

Entah bagaimana asal usul nama kota satu ini, hingga bernama Embarrass. Jika diartikan, kira-kira memiliki arti “kota yang memalukan”. Kota Embarrass terletak di Minnesota, Amerika Serikat. Dengan luas wilayah mencapai 3,08 kilometer persegi, kota ini dihuni oleh sekitar 500 penduduk.

Zzyzx, Amerika Serikat

Bisa jadi, Zzyzx adalah kota yang namanya paling susah disebut, karena tidak menggunakan huruf vokal.

Di antara Los Angeles dan Las Vegas, terdapat sebuah rute Interstat 15 yang dapat dilalui melalui Gurun Mojave. Di sana, terdapat sebuah persimpangan dengan sebuah tanda penunjuk arah, yang bertuliskan sebuah kota, yaitu Zzyzx. Nama itu dibaca “Zye-Zex”.

Pada saat ini, Zzyzx adalah kawasan kota yang terbengkalai, dan tidak dihuni. Di kota yang kosong itu terdapat sebuah resort bernama Zzyzx Springs. Kini, resort tersebut dijadikan pusat studi gurun, sementara danau yang ada di sana dialihfungsikan sebagai habitat perlindungan Mohave yui Chub, yaitu spesies ikan yang terancam punah.

Fucking, Austria

Fucking adalah kota kecil di Austria, yang dihuni sekitar 200 penduduk. Kota dengan nama aneh ini telah berdiri sejak tahun 1070. Di depan gerbang kota terdapat marka jalan bertuliskan “Fucking”, yang menunjukkan keberadan kota tersebut.

Karena namanya yang aneh, banyak wisatawan yang tertegun saat kebetulan lewat di sana, dan biasanya akan berhenti sejenak di dekat marka jalan. Dari situ pula, keberadaan Kota Fucking terkenal di dunia. Yang unik, marka jalan di sana—yang bertuliskan “Fucking”—menjadi marka jalan yang paling sering dicuri di Austria.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 1401125899564482221

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item