Mengapa Penggunaan Hand Sanitizer Bisa Memicu Diare?

Mengapa Penggunaan Hand Sanitizer Bisa Memicu Diare? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/halodoc.com
Hand sanitizer, sebagaimana namanya, ditujukan untuk membersihkan kulit tangan dari kemungkinan virus atau bakteri jahat. Kandungan alkohol setidaknya 60 persen pada hand sanitizer mampu memecah dinding bakteri juga virus, dan menghambat perkembangannya. Namun, penggunaan hand sanitizer secara berlebihan juga bisa berdampak buruk, salah satunya memicu diare.

Mikrobiome, atau ekosistem mikroorganisme, termasuk bakteri, jamur, dan virus, hidup di tubuh kita, termasuk di usus, mulut, hidung dan kulit. Mereka memainkan peran untuk menjaga kesehatan tubuh, mencegah infeksi, dan melawan bakteri jahat. Terkait hal itu, hand sanitizer mampu membunuh semua jenis bakteri, termasuk bakteri yang baik.

Mahboobeh Mahdavina, profesor rekanan bagian alergi dan imunologi di Rush University, menyatakan, “Saat Anda membunuh koloni bakteri baik di tangan, ini juga bisa merusak mikrobiome usus, yang memberi makan bakteri pada kulit. Perubahan mikrobiome seperti ini bisa melemahkan sistem imun.”

Jika hal itu terus berlangsung dari waktu ke waktu, tubuh kita bisa sensitif terhadap bakteri yang dapat mengiritasi usus dan menimbulkan masalah pencernaan. Meski begitu, Mahdavina mengatakan, hal ini bisa diatasi dengan memberikan asupan bakteri baik pada tubuh, dengan konsumsi yogurt, asupan probiotik, dan menghabiskan waktu di alam terbuka.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 3182270980282824280

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item