Ibu Kota Negara Mana yang Terindah di Dunia?

Ibu Kota Negara Mana yang Terindah di Dunia?
Ilustrasi/tribunnews.com
Setiap negara memiliki ibu kota, dan biasanya ibu kota menjadi pusat pemerintahan, ekonomi, keuangan, dan lain-lain, terkait negara bersangkutan. Ibu kota juga sering menjadi tempat bersejarah, sehingga di sana ada bangunan-bangunan kota, arsitektur-arsitektur kuno, dan lain-lain. Kemudian, ibu kota juga umumnya luas dengan banyak penduduk yang mendiami.

Terkait ibu kota, ada sepuluh ibu kota yang dianggap terindah di dunia, karena memiliki tatanan kota yang baik, lapangan hijau terbuka, gedung-gedung kuno bersejarah, hingga tempat-tempat hiburan yang biasa dinikmati warga dan wisatawan yang datang. Berikut ini daftarnya.

Moskow, Rusia

Moskow adalah ibu kota Rusia, dan daya tarik utama kota ini ada pada infrastruktur di dalamnya. Moskow memiliki bangunan-bangunan bersejarah yang telah berdiri megah selama ratusan tahun. Gedung-gedung itu tidak hanya memukau wisatawan, tapi juga penduduk lokal.

Di Moskow, arsitektur bangunan yang terkenal adalah Kremlin, yang merupakan tempat kediaman Presiden Rusia. Di sana juga terdapat berbagai fasilitas kenegaraan, dan berbagai hal penting lain. 

Karenanya, meski sangat terkenal, bagian Kremlin yang bisa diakses publik hanya sekitar sepertiga bagian. Sementara 2/3 lainnya merupakan tempat yang tak bisa dikunjungi. Meski begitu, sepertiga bagian Kremlin menjadi tempat yang paling banyak dikujungi di Rusia.

Ottawa, Kanada

Sebagai ibu kota Kanada, Ottawa memiliki banyak hal penting terkait negara tersebut. Wisatawan yang datang ke Ottawa dapat menikmati tur keliling menggunakan bus selama sekitar satu jam, dan bisa menyaksikan Museum Kanada, pasar tertua di Kanada, yaitu Pasar Byward, hingga Balai Kota tempat kediaman Gubernur, yang semuanya ada di Ottawa.

Selain indah, penduduk Ottawa juga terkenal ramah dan sopan, khususnya kepada wisatawan. Sementara tingkat kejahatan di sana nyaris 0. Itu menjadikan Kanada, khususnya Ottawa, sebagai tempat tinggal yang aman. Dalam survei yang pernah dilakukan, rata-rata penduduk Kanada mengaku puas tinggal di sana.

Budapest, Hongaria

Yang paling menarik di Budapest adalah keberadaan kastil megah yang ada di sana. Kastil itu merupakan tempat museum nasional Hongaria, sekaligus museum sejarah Budapest. Selain kastil di Budapest, ibu kota Hongaria ini juga menawarkan berbagai hal lain yang sama menarik bagi para wisatawan, termasuk rumah seni seperti teater, balai konser, hingga rumah opera.

Hiburan malam di Budapest juga sama terkenal, dan menarik minat banyak wisatawan. Banyak warga lokal dan wisatawan yang biasa menikmati jalan kaki saat malam hari, kemudian mampir ke bar-bar yang banyak tersedia di sepanjang jalan.

Tokyo, Jepang

Tokyo adalah kota metropolis sekaligus ibu kota Jepang. Meski kota besar, berjalan-jalan di sepanjang jalanan Tokyo sangat menyenangkan, karena kota ini bersih, rapi, dan aman. Tokyo juga menjadi kota urban yang banyak didatangi orang dari luar kota, sehingga kota ini tampak terus sibuk. Meski begitu, Tokyo juga memiliki aneka hiburan yang menyenangkan.

Di Tokyo ada istana yang merupakan rumah Kekaisaran Jepang di masa lalu, yang sekarang menjadi tempat wisata terkenal. Di sana juga ada Tokyo Disneyland yang merupakan arena hiburan dan permainan, juga kuil-kuil terkenal seperti Yasukuni dan Meiji. Sementara hiburan malam di Tokyo terpuat di Ginza dan Kabukicho.

Roma, Italia

Keindahan Roma tidak hanya ada pada bangunan-bangunan kuno yang ada di sana, tapi juga terkait dengan keberadaan Vatikan yang ada di dalam teritorial Roma. Vatikan adalah tempat kediaman Paus, sekaligus menjadi rumah bagi karya-karya seni terkenal dunia, meliputi karya Michelangelo, Giacomo della Porta, Maderno, dan Bernini.

Karena kekayaan sejarah dan seni yang ada Vatikan itu pula, UNESCO menjadikannya sebagai Situs Warisan Dunia. Sejauh ini, Vatikan adalah satu-satunya situs bersejarah di dunia yang terdiri dari satu bagian kota.

Venesia, Veneto

Venesia adalah ibu kota region Veneto dan Provinsi Venesia di Italia. Republik Venesia berdiri di kota ini dari abad ke-9 hingga ke-18. Infrastruktur kota ini benar-benar menakjubkan, bahkan bisa dibilang seluruh kota adalah karya seni. 

Venesia berada di atas air, karena kota ini sebenarnya terdiri dari 118 pulau yang terpisahkan oleh saluran air, dan dihubungkan satu sama lain oleh 400 jembatan. Kota indah ini telah menarik wisatawan dalam jumlah tak terhitung banyaknya, dan semua orang sepakat kalau Venesia memang benar-benar indah. 

Wistawan bisa menikmati keindahan Venesia dengan berjalan kaki melalui darat, atau menggunakan perahu dan gondola yang melaju di atas air.

Berlin, Jerman

Pada waktu Perang Dunia II, Kora Berlin hancur akibat perang. Tetapi, Berlin kemudian bangkit dan membangun kembali kotanya hingga tumbuh dan berkembang dengan indah. Ibu kota Jerman ini pun sekarang terkenal sebagai kota yang benar-benar indah.

Yang menjadikan Berlin indah, karena sepertiga wilayah kota ini merupakan taman, sungai, danau, dan hutan. Karenanya, Berlin adalah kota yang tetap memiliki pemandangan alami dan hijau.

Bangunan arsitektur paling populer di Berlin adalah Gerbang Brandenburg, yang juga menjadi salah satu daya tarik wisata. Pada siang hari, tempat itu banyak didatangi turis yang ingin mempelajari sejarah bangunan tersebut. Sementara pada malam hari, lampu-lampu menyinari Gerbang Brandenburg, dan menghasilkan pemandangan malam yang sangat menawan.

Islamabad, Pakistan

Islamabad, ibu kota Pakistan, terkenal sebagai kota yang bersih, aman, dan memiliki bangunan-bangunan menakjubkan. Yang paling terkenal di sana adalah Masjid Faisal, yang merupakan masjid terbesar keempat di dunia, sekaligus masjid terbesar nomor satu di Asia selatan.

Selain Masjid Faisal, bangunan indah lain di Islamabad adalah Monumen Nasional Pakistan, yang memiliki nilai sejarah peradaban dan arsitektural. Monumen ini berbentuk seperti bunga yang terdiri dari 4 kelopak yang mekar, melambangkan Provinsi Punjab, Sindh, Balochistan, dan Provinsi Barat Laut.

Paris, Prancis

Tidak mengejutkan kalau Paris masuk dalam daftar ibu kota terindah di dunia. Ibu kota Prancis ini memang telah terkenal sebagai kota yang indah, sekaligus tempat salah satu dari 7 Keajaiban Dunia, yaitu Menara Eiffel. Keindahan Paris juga tersebar di berbagai infrastruktur dan bangunan-bangunan lainnya, karya-karya seni dan budaya, hingga kota ini sangat terkenal.

Karena keindahan yang dimilikinya, Paris menghasilkan 30 persen pemasukan ekonomi bagi Prancis. Hal itu karena Paris telah menarik wisatawan dalam jumlah luar biasa per tahun, yang memungkinkan kota ini mendapatkan pemasukan dalam jumlah luar biasa.

London, Inggris

Keindahan London terletak pada bangunan-bangunan yang berdiri di sana, yang kebanyakan merupakan bangunan kuno yang telah berdiri sejak abad ke-15. 

Di ibu kota Inggris ini, ada berbagai tempat penting dan bersejarah, termasuk museum maupun galeri, seperti Museum British, Gedung Galeri Nasional, Museum Sejarah, Museum Sains, Victoria and Albert Museum, dan Royal Museum Greenwich.

London juga menjadi rumah bagi karya seni Madame Tussauds. Di sana, wisatawan dapat berfoto dengan patung lilin yang merupakan replika orang-orang terkenal di dunia, termasuk patung seni anggota Kerajaan Inggris.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2665361127761780029

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item