Kapan Situs Quora Mulai Berdiri di Internet?

Kapan Situs Quora Mulai Berdiri di Internet?
Ilustrasi/jumpseller.com
Ada cukup banyak situs berisi tanya-jawab, dan Quora adalah salah satunya. Saat ini, sebagaimana yang kita kenal, Quora adalah situs forum berisi pertukaran pengetahuan dari para anggotanya. Seseorang mengajukan pertanyaan, dan para anggota forum memberikan jawaban.

Quora didirikan pertama kali pada Juni 2009, dan diluncurkan pada tahap beta privat pada Desember 2009. Situs itu baru mulai dibuka untuk umum pada 21 Juni 2010. 

Orang yang mendirikan Quora adalah Adam D’Angelo, mantan chief technical officer di Facebook, dan Charlie Cheever. Pada Januari 2010, D’Angelo keluar dari Facebook untuk membuat Quora. Dia terinspirasi membuat Quora, karena berpikir “banyak sekali situs questions-and-answers di Internet, tetapi tidak ada yang cukup bagus”. 

Karenanya, ketika Quora pertama kali berdiri, situs itu mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan dan jawabannya pada topik-topik tertentu, yang dilakukan oleh D’Angelo sendiri, meski dia juga mengizinkan pengguna untuk ikut berkolaborasi dengan memberikan suara atau mengusulkan perbaikan jawaban. Belakangan, para pengguna yang aktif sendiri mengajukan pertanyaan dan jawabannya.

Pada Maret 2010, Quora menerima modal dari Benchmark Capital, sekaligus memberikan nilai start-up ini senilai 86 juta dolar. Sembilan bulan kemudian, pada Desember 2010, basis pengguna Quora tumbuh pesat. 

Saat ini, kompetitor Quora yang signifikan adalah situs-situs bookmark sosial seperti Reddit, dan situs-situs jejaring sosial seperti Yahoo! Answers, LinkedIn, Answerbag, dan Answers.com.

Memasuki 2018, tepatnya pada 30 Mei, Quora bahasa Indonesia diluncurkan. Meski begitu, ada banyak artikel (pertanyaan dan jawaban) di Quora berbahasa Indonesia yang bertanggal sebelum waktu peluncurannya. Hal itu karena ada masa percobaan selama dua bulan, sebelum diluncurkan secara resmi.

Saat ini, Quora tersedia dalam 24 bahasa, yaitu Arab, Belanda, Bengali, Denmark, Finlandia, Gujarat, Hindi, Ibrani, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Malayalam, Marathi, Norwegia, Prancis, Polandia, Portugis, Spanyol, Swedia, Tamil, dan Telugu.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 553200811605010855

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item