Mengapa Zodiak Gemini Dilambangkan Anak Kembar?

Ilustrasi/urbanasia.com
Gemini adalah zodiak untuk orang yang lahir pada 21 Mei sampai 20 Juni. Zodiak ini dilambangkan anak kembar. Siapakah mereka, dan bagaimana asal usulnya?

Sama seperti zodiak lain, lambang Gemini berasal dari mitologi Yunani. 

Dua anak kembar itu bernama Castor dan Pollux. Mereka anak kembar dari seorang ibu yang sama, tapi berbeda ayah. Ibu mereka bernama Leda, yang menjalin hubungan dengan Tyndarus, Raja Sparta, dan Zeus. Hasil hubungan dengan dua pria itu menghasilkan anak kembar Castor dan Pollux. Ayah Castor adalah Tyndarus, sementara ayah Pollux adalah Zeus.

Karena anak dewa, Pollux memiliki kelebihan yang tidak dimiliki Castor, yaitu hidup abadi. Sementara Castor, yang keturunan manusia biasa, tidak memiliki karunia itu.

Kedua anak kembar itu tumbuh dan, seperti anak kembar lain, memiliki hubungan yang sangat erat. Castor dikenal sebagai penunggang kuda yang sangat hebat, sementara Pollux tumbuh menjadi orang dengan kekuatan luar biasa.

Sampai suatu ketika, Castor tewas dalam sebuah peperangan. Pollux, yang abadi, tenggelam dalam keputusasaan luar biasa, dan merasa tak ingin hidup tanpa saudara kembarnya. Ia kemudian meminta ayahnya, Zeus, untuk mencabut keabadiannya, dan membiarkan ia mati.

Zeus, sang ayah, tidak ingin Pollux mati. Karenanya, alih-alih membiarkan anaknya kehilangan karunia keabadian, Zeus memilih untuk menjadikan Castor juga abadi, dengan membuat keduanya bersama selamanya sebagai kontelasi zodiak kembar, Gemini.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Mitologi 5953588209987120525

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item