Mengapa Paus Bungkuk Suka Menyanyi?

Ilustrasi/pixabay.com
Paus bungkuk adalah mamalia terbesar, karena ukuran panjangnya bisa mencapai 16 meter. Yang istimewa dari paus bungkuk bukan hanya ukurannya, tapi juga hobi mereka yang suka menyanyi.

Paus bungkuk diketahui suka menyanyi, namun kemampuan bernyanyi itu hanya dimiliki paus bungkuk jantan. Berdasarkan penelitian, setidaknya ada beberapa alasan mengapa paus bungkuk suka menyanyi. Alasan pertama, tentu saja, untuk menarik perhatian betina.

Selain itu, menurut peneliti, paus bungkuk jantan bernyanyi untuk berkomunikasi dengan kawan-kawannya, sesama paus bungkuk jantan. Dari komunikasi itu, sering kali mereka lalu bernyanyi bersama, yang tujuannya untuk menarik betina. Ketika paus bungkuk tampil menyanyi bersama, betina akan memilih pejantan mana yang ia minati.

Nyanyian paus bungkuk terdiri atas kombinasi auman, jeritan, dan suara-suara lain yang kompleks. Durasinya bisa sampai berjam-jam. Jarak nyanyiannya bisa terdengar hingga 6 mil (9,6 km). 

Paus bungkuk yang masih kecil juga dapat “bernyanyi”, tetapi nada suaranya sangat rendah, dan hanya terdengar dengan jarak 100 meter. Suara pelan tersebut diduga agar predator tidak ikut mendengar. Karenanya, suara anak paus bungkuk disebut “bisikan”.

Paus bungkuk memiliki habitat di semua samudra, sehingga mereka bisa muncul di seluruh dunia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 5816462925039668512

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item