Apakah Velociraptor Memang Dinosaurus yang Pintar?

Ilustrasi/thoughtco.com
Jika melihat gambaran dalam film Jurassic World, kita seperti diberi tahu kalau Velociraptor adalah dinosaurus yang pintar. Sebegitu pintar, hingga mereka bisa dilatih untuk melakukan sesuatu, dan memahami perintah manusia. Tapi apakah memang Velociraptor yang asli sepintar itu?

Velociraptor memiliki nama Velociraptor mongoliensis. Velociraptor memiliki arti “pencuri yang gesit/cepat” (istilah ini berasal dari Yunani kuno). Sedangkan nama spesiesnya, mongoliensis, merujuk pada negara tempat fosilnya ditemukan, yaitu Mongolia.

Menjawab pertanyaan tadi, apakah Velociraptor termasuk dinosaurus yang pintar?

Setidaknya ada dua cara untuk mengetahui hal itu. Pertama, dengan melihat kerabat dekat hewan yang sudah punah itu di masa sekarang. Kedua, memeriksa tengkoraknya, dan melihat tempat yang menjadi ruang otaknya. Semakin besar perbandingan antara otak dan tubuhnya, kemungkinan semakin pintar hewan itu.

Velociraptor memiliki tengkorak dengan lubang mata dan hidung yang besar, yang menandakan penglihatan serta penciuman bagus. Jika penglihatan dan penciumannya bagus, hewan tersebut pasti memiliki bagian otak besar untuk mengolah data yang masuk dari kedua indra itu. 

Kemudian, perbandingan ukuran kepala dan tubuh Velociraptor cukup mengesankan. Kepalanya hampir sepanjang tubuhnya, sehingga otaknya memiliki rasio yang relatif besar. Namun, rasio ini jelas tidak sebesar milik kebanyakan hewan mamalia yang kita lihat sekarang.

Jadi, perkiraan terbaik yang bisa kita peroleh berdasarkan data yang ada saat ini adalah Velociraptor mungkin memang pintar, tapi tidak lebih pintar dibanding kebanyakan mamalia atau burung modern. 

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 1355772807581551752

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item