Mengapa Burung Loon Lebih Suka Berenang?

Ilustrasi/wallpaperbetter.com
Kebanyakan burung menikmati kehidupan dengan terbang, atau setidaknya berjalan di darat. Tapi berbeda dengan burung loon. Alih-alih melangkah di darat, burung ini justru lebih suka berenang.

Loon adalah burung akuatik yang hidup di berbagai tempat di Amerika utara dan selatan Eurasia. Burung ini memiliki tubuh seukuran bebek, dan kadang memang terlihat mirip, khususnya jika keduanya sedang berenang.

Burung loon memiliki bulu putih dan hitam, dengan kepala dan leher berwarna abu-abu, dan, pada beberapa spesies, bulu pada perut mereka berwarna putih. Seluruh spesies dari genus ini memiliki paruh berbentuk tombak.

Lalu mengapa burung loon lebih suka berenang? Hal itu disebabkan bentuk kaki mereka. Kedua kaki burung loon berada jauh di belakang tubuh, sehingga mereka kesulitan untuk beradaptasi dengan daratan, karena sulit berjalan dengan kondisi kakinya. Jadi, mereka umumnya menghindari daratan, kecuali untuk bersarang.

Di air, loon adalah perenang yang baik. Mereka menggunakan kaki untuk mendayung, dan sayapnya digunakan untuk membantu gerakan mereka.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 627459380351229119

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item