Bagaimana Hewan-hewan Buta Mengenali Lingkungannya?

Ilustrasi/japantimes.co
Beberapa hewan tidak memiliki mata, sehingga mereka tidak bisa melihat lingkungan di sekitarnya. Hewan-hewan buta semacam itu tidak hanya hewan yang hidup di darat, tapi juga hewan yang tinggal di air.

Blind cave fish (Astyanax mexicanus), misalnya, adalah ikan yang buta sejak lahir. Seperti namanya, ikan ini mendiami air yang ada di dalam gua. Blind cave fish juga disebut sebagai penghuni asli Sungai Rio Grande, Nueces dan Pecos, yang ada di perbatasan Meksiko dan Amerika Serikat.

Blind cave fish dapat tumbuh hingga sepanjang 12 centimeter, dengan warna putih atau merah muda. Ikan ini tidak memiliki mata, dan mengandalkan sensitivitasnya dalam mengenali tekanan air yang naik turun.

Hewan buta lain adalah spalax, mamalia yang habitat alaminya ada di beberapa wilayah, seperti Eropa Timur, Timur Tengah, dan Asia Tengah. Hewan ini termasuk buta total, dan biasa menggunakan gigi depannya yang kuat untuk menggali tanah, sebagai cara untuk mengenali lingkungan. Hewan ini bisa tumbuh sepanjang 31 centimeter, dengan berat mencapai 540 gram. 

Texas blind salamander (Eurycea rathbuni) juga terkenal sebagai hewan buta. Amfibi asal San Marcos, Hays County, Texas, ini bisa tumbuh sepanjang 13 centimeter, dengan warna tubuh putih, dan habitatnya ada di gua-gua bawah air. Karena tidak memiliki mata, hewan ini mengandalkan kepekaannya pada tekanan air, serta lebih suka hidup di area aliran sungai dalam. Mereka memakan udang, siput, dan crustacea lainnya.

Kemudian, hewan buta lain yang terkenal adalah olm. Hewan berjenis salamander ini berasal dari Eropa selatan, seperti Kroasia, Slovenia dan Italia, dan hanya ditemukan di Sungai Soca. Olm memiliki habitat di gua kapur bawah air, dan matanya tidak tumbuh atau berfungsi, karena hidup dalam kegelapan. Namun, meski tidak memiliki indra penglihatan, olm memiliki kepekaan terhadap gerakan, penciuman, dan pendengaran.

Olm dapat tumbuh hingga sepanjang 40 centimeter, dengan rata-rata 20-30 centimeter. Hewan ini masuk dalam status terancam, akibat adanya perubahan iklim drastis yang mengganggunya beradaptasi dalam gua.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 4116820597814015126

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item